Minggu, 17 Oktober 2010

Pemanfaatan/Implementasi Komputer

Komputer merupakan teknologi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Dari mulai orang berbisnis, mahasiswa, pelajar, dan lain-lain, semua menggunakan komputer. komputer sangat membantu sekali dalam kegiatan aktivitas sehari-hari manusia. Semua dapat diselesaikan dengan cepat. Jika dulunya kalau ingin mengetik kita menggunakan mesin ketik manual kalau sekarang sudah modern ketikan dapat diedit, dapat mengedit dengan ditambahkan efek gambar sesuai yang kita inginkan, dapat menyimpan dan mendengarkan MP3 kesukaan, dulunya mengirimkan surat sangat membutuhkan waktu yang lama hingga berhari-hari tapi sekarang bisa dalam hitungan detik, dan dapat mengerjakan pekerjaan administrasi dengan cepat dan mudah. Ada beberapa contoh manfaat komputer dalam beberapa bidang :

  • Dalam Bidang Pendidikan, komputer dapat digunakan sebagai media dalam proses belajar mengajar. Karena bagi mahasiswa komputer dapat membantu dalam mencari bahan-bahan tugas-tugas kuliahnya yang dapat menumbuhkan niat belajar mandiri. Karena komputer sangat berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan untuk membantu dan memudahkan peserta didik untuk memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas pembelajaran yang dikenal dalam istilah "Komputer Asisted Instruction (CAI)" sebagai "Pembelajaran Berbantu Komputer (PBK)".
  • Dalam Bidang Kedokteran, komputer sangat membantu sebagai alat medis yang mengontrol keadaan pasien. mencatat adminitrasi pasien, dan lain-lain.
  • Dalam Bidang Industri,komputer digunakan sebagai alat pengatur bekerjanya mesin-mesin industri, pemasaran (mempromosikan lewat internet), dan sebagai alat transaksi antara penjual dan pembeli.
  • Dalam Bidang Pengkantoran, komputer sangat membantu untuk mengerjakan tugas laporan keuangan, gaji pegawai, pencatatan pemasukan & pengeluaran kantor, menjalin komunikasi ditempat lain dengan menggunakan internet.

Dan masih banyak lagi manfaat komputer dalam beberapa macam bidang. Tapi dalam banyaknya manfaat dari komputer, ada juga kerugiannya yaitu terciptanya masyarakat yang Individual(komunikasinya tidak secara langsung), dan terjadinya Globalisasi. Oleh karena itu jika menggunakan komputer di gunakan seperlunya saja, kalau sudah tidak digunakan matikan komputer. Agar dapat mengurangi terjadi Globalisasi yang tambah parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar