Minggu, 21 Oktober 2012

MAKNA DENOTATIF


Tugas 3

MAKNA DENOTATIF

Makna Denotasi/ denotatif adalah makna yang sebenarnya sama dengan makna lugas untuk menyampaikan sesuatu yang bersifat faktual. Makna pada kalimat yang denotatif tidak mengalami perubahan makna.
Contoh :
-          Mas Parto membeli susu sapi
-          Dokter bedah itu berpartisipasi dalam sunatan masal.
Sedangkan Makna Lugas itu sendiri adalah makna yang sesungguhnya dan mirip dengan makna denotatif.
Contohnya :
-          Olahragawan itu senang memelihara binatang reptil
-          Pak Asep minum teh di pematang sawah
Pengertian lain mengenai makna denotasi, Denotasi adalah hubungan yang digunakan didalam tingkat pertama pada sebuah kata yang secara bebas memegang peranan penting dalam ujaran (Lyons, I, 1977: 208). Dalam beberapa buku pelajaran, makna denotasi juga disebut makna dasar, makna asli, atau makna pusat.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa makna denotasi adalah makna sebenarnya yang apa adanya sesuai dengan indera manusia. Kata yang mengandung makna denotatif mudah dipahami karena tidak mengandung makna yang sulit walaupun masih bersifat umum. Makna yang bersifat umum ini maksudnya adalah makna yang telah diketahui secara jelas oleh semua orang. Berikut ini beberapa contoh kata yang mengandung makna denotatif.
1. Dia adalah wanita cantik
Kata cantik yang diucapkan oleh seorang pria terhadap wanita yang berkulit putih, berhidung mancung, mempunyai mata yang indah dan berabut hitam legam.
2. Rani sedang tidur di dalam kamarnya.
Kata tidur ini mengandung makna denotatif bahwa Rani sedang beristirahat dengan memejamkan matanya (tidur).
Masih banyak contoh kata-kata lain yang mengandung makna denotatif selama kata itu tidak disertai dengan kata lain yang dapat membentuk makna yang berbeda seperti contoh kata wanita yang makna denotasinya adalah seorang perempuan dan bukan laki-laki. Namun bila kata wanita disertai dengan kata malam (wanita malam) maka akan menghasilkan makna lain yaitu wanita yang dikonotasikan sebagai wanita nakal.

Sumber :
http://bahasaindonesiayh.blogspot.com/2012/05/makna-konotatif-dan-denotatif.html
http://organisasi.org/pengertian-makna-denotatif-konotatif-lugas-kias-leksikal-gramatikal-umum-dan-khusus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar